Residivisme Terorisme dan Tantangan dalam Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan

Muhammad Aulia, Rahmawan (2023) Residivisme Terorisme dan Tantangan dalam Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM.

[thumbnail of Jurnal Muhammad Aulia Rahmawan] Text (Jurnal Muhammad Aulia Rahmawan)
Jurnal_Muhammad Aulia Rahmawan.docx

Download (66kB)

Abstract

Dalam evolusi peradaban manusia, perbuatan pidana dan kejahatan telah menjadi istilah yang mendasar dalam konteks pelanggaran hukum. Namun, terorisme telah merevolusi batasan-batasan konvensional ini, membawa dampak yang meresahkan bagi masyarakat dan stabilitas politik. Penanganan narapidana terorisme di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menghadapi tantangan dalam pembinaan untuk mengurangi risiko residivisme.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kepustakaan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendalami konsep residivisme terorisme dan tantangan pembinaan narapidana. Metode studi kepustakaan diterapkan untuk menganalisis data yang terkait dengan hukum positif, prinsip-prinsip hukum, dan program rehabilitasi di Lapas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terorisme tidak hanya sebagai perbuatan pidana, tetapi juga sebagai strategi politik yang menggunakan kekerasan. Tantangan dalam pembinaan narapidana terorisme di Lapas meliputi integrasi dengan masyarakat, resiko penolakan sosial, dan pengaruh radikal di dalam penjara. Dalam rangka menghadapi residivisme terorisme, pendekatan rehabilitasi yang holistik dan adaptif menjadi penting, dengan fokus pada perubahan perilaku dan mental, serta penerapan protap perlakuan narapidana resiko tinggi.
Kata Kunci: Terorisme, Residivisme, Pembinaan Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan, Rehabilitasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Studi Sarjana Hukum
Depositing User: Mr Erlangga Wisnu
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:33
Last Modified: 02 Jan 2024 07:33
URI: http://digilib.iblam.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item
View Item