PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JASA TELEKOMUNIKASI DITINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

NICO, TJIU (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JASA TELEKOMUNIKASI DITINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. STIH IBLAM.

[thumbnail of Nico Tjiu.docx.pdf] Text
Nico Tjiu.docx.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan dan efektivitas Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UU No. 8 Tahun 1999) dan Undang-Undang Telekomunikasi (UU No. 36 Tahun 1999) dalam konteks jasa telekomunikasi di Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kerangka hukum normatif untuk menilai seberapa jauh regulasi tersebut telah melindungi hak-hak konsumen dalam menghadapi praktik bisnis yang tidak adil atau menyesatkan oleh penyedia layanan telekomunikasi. Ditemukan bahwa meskipun UU tersebut menyediakan dasar hukum yang solid untuk perlindungan konsumen, masih terdapat celah dalam pelaksanaannya yang mempengaruhi efektivitas perlindungan tersebut, terutama dalam aspek transparansi informasi dan penanganan keluhan. Studi ini menyarankan peningkatan regulasi dan praktik yang lebih efektif dalam perlindungan konsumen untuk memastikan keadilan dan keamanan dalam layanan telekomunikasi, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang sehat di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Studi Sarjana Hukum
Depositing User: Deviana Safitri
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:52
Last Modified: 16 Dec 2024 02:52
URI: http://digilib.iblam.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item
View Item