ANALISIS HUKUM TENTANG WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN PELAYANAN JASA (STUDI PELAYANAN PERBAIKAN AIR CONDITIONER)

Kosim, Kosim (2021) ANALISIS HUKUM TENTANG WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN PELAYANAN JASA (STUDI PELAYANAN PERBAIKAN AIR CONDITIONER). ANALISIS HUKUM TENTANG WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN PELAYANAN JASA (Studi Pelayanan Jasa Perbaikan Air Conditioner). (Unpublished)

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
SKRIPSI KOSIM COVER _1.pdf - Submitted Version

Download (103kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
SKRIPSI KOSIM ABSTRAK _1.pdf - Submitted Version

Download (7kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SKRIPSI KOSIM BAB I _1.pdf - Submitted Version

Download (224kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SKRIPSI KOSIM BAB II _1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SKRIPSI KOSIM BAB III _1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SKRIPSI KOSIM BAB IV _1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
SKRIPSI KOSIM BAB V _1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal - Analisis Hukum Tentang Wanprestasi Atas Perjanjian Pelayanan Jasa.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy

Abstract

Jasa merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dilihat. Tetapi, jasa dapat dirasakan dan diambil manfaatnya bagi individu maupun organisasi. Jasa berhubungan dengan kualitas. Apabila jasa yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika jasa yang diterima melampaui harapan konsumen, maka kualitas jasa dipersepsikan sebagai ideal. Namun, jika jasa yang diterima lebih rendah dari pada yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan buruk. Dalam penelitian penulisan skripsi ini penulis memberikan contoh wanprestasi atas jasa pelayanan perbaikan Air
Conditioner. Rumusan masalah yang akan dibahas penulis adalah: 1) Bagaimana kekuatan hukum dalam perjanjian pelayanan jasa perbaikan Air Conditioner yang pada umumnya dilakukan tidak tertulis? dan 2) Bagaimana akibat hukum wanprestasi yang dilakukan oleh usaha jasa perbaikan Air Conditioner?. Adapun metode penelitian yang penulis
gunakan adalah metode yuridis normatif yaitu menganalisis kaitan antara peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan yang dibahas. Akhirnya berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Kekuatan hukum dalam perjanjian pelayanan jasa perbaikan Air Conditioner yang pada umumnya dilakukan tidak tertulis,
dimungkinkan sebagaimana diatur dalam Pasal 1313 KUHPerdata, suatu perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lainnya. Pasal ini menerangkan secara sederhana tentang Pengertian perjanjian yang menggambarkan tentang adanya dua pihak yang saling mengikatkan diri walaupun tidak tertulis, sepanjang ketentuan Pasal 1320 KUHPerdata terpenuhi tentang
sanhnya suatu perjanjian, maka perjanjian itu menjadi sah sebagaimana diatur dalam Pasal 1338 KUHPerdata, yang menetapkan bahwa persetujuan yang dibuat secara sah berlaku sebagai Undang-Undang bagi mereka yang membuatnya.

Item Type: Article
Additional Information: 1627350146
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, jasa perbaikan AC
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Studi Sarjana Hukum
Depositing User: miss Almananda Diyanti
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:16
Last Modified: 18 Aug 2022 05:48
URI: http://digilib.iblam.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item
View Item