PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS KERUGIAN AKIBAT KESALAHAN PERUSAHAAN PENGIRIMAN BARANG (STUDI PUUTUSAN NOMOR: 402/PDT/2017/PT.DKI)

Ilham Sakti Hadi, Putra (2021) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS KERUGIAN AKIBAT KESALAHAN PERUSAHAAN PENGIRIMAN BARANG (STUDI PUUTUSAN NOMOR: 402/PDT/2017/PT.DKI). Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
0 Skripsi ILHAM SAKTI HADI PUTRA (COVER).pdf - Submitted Version

Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
1 Skripsi - ILHAM SAKTI HADI PUTRA (ABSTRAK dan KATA PENGANTAR).pdf - Submitted Version

Download (213kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
3 Skripsi - ILHAM SAKTI HADI PUTRA (Bab I).pdf - Submitted Version

Download (255kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4 Skripsi - ILHAM SAKTI HADI PUTRA (Bab II).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5 Skripsi - ILHAM SAKTI HADI PUTRA (Bab III).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6 Skripsi - ILHAM SAKTI HADI PUTRA (Bab IV).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7 Skripsi - ILHAM SAKTI HADI PUTRA (Bab V).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Tidak dipungkiri bahwa jasa pengiriman barang / ekspedisi sangat dibutuhkan oleh individu ataupun organisasi perusahaan. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan pengiriman paket menyebabkan persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan saat inisangat ketat. Pada dasarnya suuatu perusahaan harus memberikan kepuasan bagi pelangganya demi menjaga kelangsungan usahanya. Perusahaan perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dianggap penting
oleh pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kinerja sebaik mungkin dan bisa memuaskan pelanggan. Perusahaan juga harus mampu merebut pasar sasarannya untuk mengembangkan usahanya dalam industri yang sudah dipilihnya khususnya jasa di bidang pengiriman dan pengangkutan barang. Dalam penelitian ini penulis memberi contoh kasus yang telah diputus oleh Pengadilan dengan nomor putusan: 402/PDT/2017/PT. DKI yaitu kasus tentang perbuatan melanggar hukum yang dilakukan oleh
karyawan perusahaan jasa pengiriman dan pengangkutan barang berupa menggelapkan pembayaran ongkos pengiriman dan pengangkutan barang yang dimasukkan dalam rekening pribadinya sehingga pengiriman barang mengalami keterlambatan. Rumusan masalah yang akan dibahas
penulis dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi pengguna jasa pengiriman barang yang mengalami kerugian akibat kesalahan perusahaan pengiriman barang? dan (2) Bagaimana proses hukum dalam penyelesaian kerugian pengguna jasa pengiriman barang seperti dalam Putusan Pengadilan Nomor (Studi Putusan Nomor: 402/PDT/2017/PT.DKI)?. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalam metode yuridis normatif yaitu menganalisis kaitan antara peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan teori-teori hukumdan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan yang dibahas. Akhirnya berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis,
dapat disimpulkan bahwaBentuk perlindungan hukum bagi pengguna jasa pengiriman barang yang mengalami kerugian akibat kesalahan perusahaan pengiriman barang antara lain : (a) Perlindungan hukum terhadap kerusakan barang diakibatkan oleh kelalaian perusahaan jasa pengiriman barang, baik yang bersifat preventif dan yang bersifar represif. Perlindungan preventif diberikan untuk menghindari kerusakan terhadap barang yang akan dikirim, seperti misalnya cara pengemasan dan pengaturan posisi barang yang akan dikirim dan diangkut. Sedangkan perlindungan represif berupa pemberian ganti rugi kepada pengguna jasa
atau pengirim barang jika dalam pengiriman dan pengangkutan terjadi kerusakan ; (b) Perlindungan hukum jika terjadi keterlambatan dalam pengiriman barang, berupa kerugian immaterial yang dialami oleh pengirim barang untuk mendapatkan ganti rugi yang bersifat immateriil
dari perusahaan jasa pengiriman barang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1607350069
Uncontrolled Keywords: Pengiriman Barang, Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Studi Sarjana Hukum
Depositing User: miss Almananda Diyanti
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:04
Last Modified: 18 Aug 2022 05:55
URI: http://digilib.iblam.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item
View Item